Sabtu, 27 Januari 2018

Pengertian & Fungsi Sistem Operasi

Pengertian Dan Fungsi Sistem Operasi


Hasil gambar untuk sistem operasi

1. Pengertian Sistem Operasi
Sistem Operasi atau yang sering kita sebut dengan OS (Operating System) adalah sebuah perangkat lunak (software) yang bertanggung jawab untuk mengontrol dan mengatur kinerja perangkat keras (hardware) serta menjalankan suatu software atau aplikasi di dalam sebuah sistem komputer

Sehingga dapat di katakan bahwa sistem operasi merupakan sebuah sistem yang memiliki tugas untuk megendalikan operasi dasar dan akan memastikan sistem dalam komputer akan berjalan dengan normal dan semestinya. Sistem Operasi juga sering di sebut dengan essential component, karena sistem operasi memungkinkan terjadinya suatu aplikasi dapat berfungsi. Komputer dan sistem yang ada di dalamnya hanya dapat berfungsi dengan adanya sistem operasi, keculai ketika sebuah komputer sedang melakukan booting.

Dapat kita pahami bahawa sistem operasi merupakan penghubung antara perangkat lunak (software) dengan perangkat keras (hardware). Jadi ketika komputer di hidupkan maka yang akan pertama kali menyala yaitu sestem operasi, dan setelah komputer selesai melakukan preses booting, maka barulah program dan aplikasi dapat berjalan.

Letak dari sistem operasi berada di lapisan paling awal atau pertama, di mana memory hardisk berada. Pada saat ini contoh sistem operasi sudah sangat beragam mulai dari yang bersifat terbuka (open source), maupun sistem operasi yang tertutup (close source). Contoh sistem operasi yaitu, Windows, Mac OS, Linux dan lain sebagainya

2. Fungsi Sistem Operasi
Sebuah sistem operasi dalam suatu komputer pastinya memiliki sebuh fungsi yang berperan sangat penting di dalam sebuah komputer. Tanpa adanya peranan dari sistem operasi, sebuah komputer tidak dapat menjalankan program dan fungsinya. Berikut ini merupakan beberapa fungsi utama yang di miliki oleh sistem operasi :

#1. Menjalankan Operasi Dasar
Fungsi yang paling utama dalam sistem operasi yaitu menjalankan operasi dasar di dalam sebuah komputer. Menjalankan opersi dasar merupakan sebuah sistem yang sangat vital yang menjadi dasar kinerja dari perangkat lunak atau software lainya.
Sebelum suatu aplikasi berjalan dan dapat berfungsi di dalam sebuah komputer, maka siste opeasilah yang berperan dalam mengijinkan program atau aplikasi dapat berjalan yang akan di tampilkan kepada user atau pengguna yang menggunakan perangkat komputer tersebut.

#2. Mengatur Kinerja Software dan Hrdware
Sistem operasi juga dapat kita sebut dengan Resource Manager perangkat komputer, karena sistem operasi berfungsi untuk mengontrol fungsi perngkat keras seperti CPU, Hardisk, Memory dan hardware lainnya, selain itu sistem operasi juga mengatur fungsi program perangkat lunak (software) supaya dapat terhubung dengan perangkat keras (hardware).

#3. Sebagai Tempat Program atau Aplikasi
Program ataupun aplikasi yang berada di dalam komputer kita memang tersimpan di dalam sebuah perangkat penyimpanan, namun sebenarnya aplikasi dan program yang berada di komputer kita berada di dalam sebuah wadah yang merupakan sistem operasi itu sendiri. Program dan aplikasi tersebut melekat pada sistem operasi, maka tanpa adanya sistem operasi program dan aplikasi tersebut tidak dapat berfungsi. Jadi sistem operasi merupakan sebuah dasar dari sebuah komputer.

#4. Menyajikan Tampilan (Interfaces)
Tampilan atau interfaces yang kita lihat pada layar komputer atau smartphone anda merupakan hasil dari pengoprasian sistem operasi. Maka dapat di katakan bahwa sistem operasi akan memudahkan aplikasi untuk berjalan dan menampilkan hasilnya di monitor layar komputer, atau dengan kata lain CPU menerjemahkan bahasa pemrograman yang kemudianhasilnya akan di tampilkan melalui sistem operasi dalam bentuk grafis, teks, dan tampilan yang mudah di pahami lainnya.

#5. Mengkoordinasi Kinerja Perangkat Komputer
Funngsi selanjutnya dari sistem operasi yaitu mengkoordinasi kinerja perangkat komputer. Selain untuk mengatur perangkat keras dan perangkat lunak agar saling terhubung, sistem operasi juga berfungsi untuk mengkoordinasi kinerja perangkat komputer terutama dalam menyusun suatu program yang bersfat kompleks menjadi lebih sederhana dan berurutan. Sistem operasi memudahkan sebuah aplikasi agar berjalan denan lebih efisien.

#6. Mengoptimalkan Fungsi Perangkat Komputer
Sistem operasi berfungsi untuk mengoptimalkan perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Misalnya dalam mengatur kinerja CPU, mengatur waktu yang di gunakan untuk koneksi dan terminal, ataupun untuk mengatur panggilan data yang tersimpan di dalam sebuah perangkat penyimpanan hardisk.

#7. Mengawasi dan Melindungi Jalannya Suatu Fungsi Program
Sistem operasi memiliki fungsi Gate Keeper, artinya sistem operasi dapat memungkinkan user yang memilki hak untuk mengakses komputer dan menjalankan suatu program serta mengendalikan siapa saja yang dapat mengakses program tersebut. Tidak hanya dapat mengakses sistem atau program dan mengendalikan user, sistem operasi juga dapat mengawasi semua hal yang di lakukan user dalam mengakses sistem program dalam komputer.

Semua file – file yang tersimpan dalam komputer kita akan terjaga dan terlindungi dengan aman oleh sistem operasi dan hanya dapat di akses oleh seseorang yang memiliki hak akses file atau yang memiliki semua kendali file dalam komputer.

0 komentar:

Posting Komentar