Sabtu, 27 Januari 2018

Pengertian dan Fungsi Access Point

Pengertian dan Fungsi Access Point
Hasil gambar untuk access point
Memang tidak akan habisnya jika kita membicarakan tentang teknologi yang ada pada saat ini. Seiring dengan perkembangan zaman pada saat ini, komputer dan laptop memiliki pengguna yang cukup bayak. Apalagi komputer sangat bermanfaat dalam membantu pekerjaan manusia dalam berbagai hal. Komputer juga memiliki manfaat layaknya smartphone yaitu bisa digunakan untuk mengakses jaringan internet atau internetan. Saat ini orang orang lebih sering mengisi waktu luang mereka untuk internetan, entah itu untuk mencari informasi atau hanya mencari hiburan saja.
Internet sendiri merupakan sebuah layanan jaringan komputer yang menjangkau milyaran data atau informasi secara internasional yang mengakses nya dengan menggunakan sebuah perangkat, entah itu komputer, laptop, smartphone, tablet dan sebagainya. Saat ini pengguna internet semakin banyak dan ramai. Padahal, dahulu internet jarang yang memakainya, terkecuali pada kantor, mall atau perusahaan – perusahaan yang ada.
Tapi saat ini, internet mulai berkembang dan banyak yang memakainya, bahkan saat ini di warung kopi pinggir jalan, taman atau tempat apapun sekarang di fasilitasi jaringan internet.Yang pasti, dimanapun tempat yang biasa digunakan untuk kumpul atau pun nongkrong para remaja, dipastikan bahwa disana terdapat akses internet. Nah, adanya akses internet tersebut pasti ada operator yang bertugas melakukan setting internet dan sebagainya. Salah satu teknologi jaringan yang berperan seperti yang akan kita bahas di kesempatan kali ini yaitu access point.
Lalu, apa yang kalian ketahui tentang access point tersebut? Apa fungsinya? Berapa kira kira harga acces point TP link yang bagus?

#1. Pengertian Access Point
Access point merupakan sebuah perangkat jaringan komputer yang bisa menghubungkan peranti nirkabel dengan jaringan lokal memakai wifi, bluetooth, wireless, dan sebagainya. Umumnya access point memakai router, hub atau switch sebagai perangkat keras untuk menghubungkan peranti nirkabel dengan jaringan lokal yang sudah dibuat oleh administrator.
Perangkat access point mempunyai antena dan transceiver yang dipakai sebagai penerima dan penyebar sinyal untuk dihubungkan dengan peranti yang terhubung dengan access point. Untuk terhubung dengan access point, pemilik perangkat umumnya diwajibkan untuk memasukkan password yang telah dibuat oleh administrator jaringan atau pembuat access point.

#2. Fungsi Access Point
Access point memiliki fungsi sebagai perantara lalu lintas data dari client (perangkat yang terhubung seperti laptop, smartphone, komputer, dan sebagainya) dengan jaringan lokal yang telah dibuat (wifi, wireless dan sebagainya). Fungsi access point lebih jelasnya seperti di bawah ini :
  1. Sebagai penyebar sinyal internet lewat gelombang radio ke perangkat yang terhubung dengan access point.
  2. Sebagai penghubung antara jaringan lokal yang menggunakan kabel dengan jaringan nirkabel atau tanpa kabel seperti wifi, wireless, dan bluetooth.
  3. Sebagai alat untuk mengatur IP Address dengan otomatis terhadap perangkat yang terhubung ke access point, fungsi ini seperti fungsi DHCP dynamic host configuration protocol .
  4. Sebagai pengaman yang menerapkan fitur keamanan WEP atau WAP yang umumnya disebut Shared Key-Autenthication atau akses wifi dengan password tertentu.

0 komentar:

Posting Komentar