Sabtu, 27 Januari 2018

Pengertian, Fungsi, & Contoh Domain

Pengertian, Fungsi, & Contoh Domain


Hasil gambar untuk domain

#1. Pengertian dari Domain
Dengan menggunakan sebuah domain pada website kita maka kita tidak perlu mengingat / mengetikan alamat IP di search engine agar website kita bisa di kunjungi namun hanya dengan alamat URL saja kta sudah bisa mengunjunginya. Karena domain sendiri merupakan string pengenal untuk mengindentifikasi server sebuah web yang biasa disebut dengan web server atau bisa juga mail server di sebuah jaringan komputer atau jaringan internet sehingga dampaknya adalah lebih mudah diakses oleh user saat browsing di internet.
Hal lain yang bisa dirasakan adalah jika kalian menggunakan domain secara otomatis semua nya telah di atur dan di kelola oleh Domain Name Server atau yang biasa disingkat dengan DNS, dan otomatis domain yang kalian tuliskan  search engine langsung terhubung dengan IP server. Kesimpulannya alamat IP sebuah komputer adalah perantara berkomunikasi untuk komputer, sedangkan domain untuk berfungsi antara komputer dengan manusia / user.
Domain Name System atau DNS memiliki sebuah hirarki atau tingkatan yang terbagi bagi dari tingkat yang paling atas ke yang paling rendah. Urutannya adalah Top Level Domain, lalu Second Level Domain, dan yang terakhir adalah tingkatan yang paling rendah. Dan setiap tingkatan atau hirarki domain jelas memiliki ciri-ciri atau karakteristik yang berbeda-beda contoh nya adalah sebagai berikut :

  • Top Level Domain
Domain yang satu ini terletak di belakang atau setelah tanda titik dan contohnya adalah .org, .net, .com, .gov, dan lain-lain sehingga domain ini sering disebut sebagai ekstensi sebuah domain. Selain menjadi ekstensi domain, Top Level Domain juga dbagi menjadi beberapa kategori dan salah satunya disebut sebagai Country Code Top Level Domain disingkat (ccTLD) domain ini hanya terdiri dari 2 buah karakter yang menjadi domain cirri khas sebuah Negara. Seperti contoh domain .sg itu untuk Negara Singapura, dan .id untuk Negara Indonesia.

  • Second Level Domain
Domain selanjutnya terletak di sebelah kiri top level domain, untuk contohnya misalnya mastekno.com maka “mastekno” adalah second level domainnya. Tidak hanya di top level domain saja, second level juga punya kode Negara dan biasa disebut dengan Country Code Second Level Domain (ccSLD) yang ternyata merupakan bagian dari ccTLD. Dan ccSLD sendiri sebenarnya terletak di antara SLD dan ccTLD agar kalian tidak bingung contohnya misal Indonesia.go.id itu merupakan domain ccSLD diaman “Indonesia” sebagai SLD kemudian “.id” sebagai ccTLD.

Semua domain yang sudah saya jelaskan diatas telah diatur oleh sebuah lembaga internasional ICANN yaitu kepanjangan dari Internet Corporation for Assigned Names and Numbers. Dan untuk domain yang mengandung unsur atau kode sebuah Negara biasanya diatur biasanya diatur oleh Negara itu sendiri.

#2. Fungsi pada Domain Sebuah Website
Mungkin banyak orang yang menganggap fungsi dari domain yang dipasang pada website hanya untuk memudahkan user untuk mengunjungi website tanpa harus menulis IP address nya, namun selain itu domain memiliki fungsi yang lebih luas yakni :
  • Menjadi identitas yang unik atau berbeda dari website lain
  • Menjadi sebuah ciri khas
  • Memiliki domain yang unik menjadikan website mudah ditemukan
Saran saya sebelum mencari atau memilih sebuah domain pilihlah yang unik agar menjadi sebuah ciri khas kita nantinya, selain itu hindari penggunaan simbol (-) dan angka angka pada domain anda.

#3. Contoh – Contoh Domain
Ada banyak domain yang tentunya memiliki ciri ciri khusus yang berkaitan dengan jenis jenis website, berikut adalah contoh contohnya :
  • Domain .net
Domain .net merupakan domain yang banyak digunakan saat ini. Domain .net juga sebenarnya merupakan generic top level domain. Kata net sendiri berasal dari “network” yang aslinya domain ini ditujukan untuk website yang bertema teknologi jaringan dan penyedia layanan internet. Namun semakin kesini penggunaan domain .net semakin marak digunakan untuk umum dan biasanya digunakan untuk mengganti domain .com
  • Domain .com
Rekomendasi domain selanjutnya adalah domain .com. kata com berasal dari “commercial” yang aslinya untuk website komersial komersial dan sekarang ini sudah dibuka untuk umum. Contoh situs yang menggunakan domain ini adalah facebook, twitter, youtube, dll.
  • Domain .org
Domain yang terakhir adalah .org berasal dari “organization” yang artinya organisasi. Domain ini awalnya dtujukan organisasi non profit namun sekarang aturan itu telah dihapus dan domain ini sudah digunakan untuk sekolah dan proyek yang sifatnya open source, dan bisa juga di gunakan oleh komunitas yang bersifat profit.

Demikian artikel mengenai Pengertian, Fungsi, dan Jenis dari Domain yang Perlu kalian tahu jika kalian sudah memahami apa itu domain maka kalian akan lebih mudah untuk menemukan domain apa yang cocok untuk website kalian selanjutya. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga membantu

0 komentar:

Posting Komentar