Sabtu, 27 Januari 2018

Cara Kerja Gateway dalam Jaringan

Pengertian Gateway, Fungsi Gateway dan Cara Kerja Gateway dalam Jaringan

Hasil gambar untuk jaringan komputer

Komputer merupakan alat yang digunakan untuk mengolah data berdasarkan prosedur yang telah dirumuskan. Sebenarnya, istilah komputer memiliki pengertian yang berbeda dan beragam tergantung dari sudut pandang masing masing orang. Di era modern ini perkembangan komputer terus meningkat, begitu juga dengan konsumen atau pengguna nya yang selalu bertambah mengingat manfaat komputer sangat berperan penting dalam membantu pekerjaan orang banyak. Saat ini komputer merupakan alat ter canggih yang sangat mempermudah pekerjaan manusia dalam berbagai macam bidang. Dengan adanya komputer, sekarang ini kita tidak lagi melakukan segala sesuatu dengan cara manual

Pengertian Gateway
Gerbang jaringan atau yang biasa kita sebut dengan nama Gateway merupakan suatu perangkat yang dipakai untuk saling menghubungkan jaringan komputer yang satu dengan komputer yang lain. Biasanya masing masing komputer menggunakan protokol komunikasi yang berbeda, maka diperlukan gateway untuk bisa mengirimkan data ke komputer lain yang berbeda protokol. Contoh perangkat Gateway misalnya router. Gateway juga bisa dimanfaatkan untuk jaringan LAN, WAN ,dan untuk menghubungkan IBM SNA dan digital DNA.

Fungsi Gateway
1. Berguna Untuk Protocol Converting
Karena gateway merupakan perangkat penghubung antara dua komputer dengan protokol yang berbeda, maka jika kedua komputer ingin saling terhubung itu sudah menjadi fungsi gateway untuk menyesuaikan kedua protokol sampai bisa saling terkait dan terhubung. Jaringan gateway dapat dioperasikan pada tiap tingkat yang ada dalam model lapisan OSI (Open System Interconnection). Untuk mengkonversi protokol, gateway mewujudkannya dalam sebuah perangkat lunak.

2. Memudahkan Akses Terhadap Informasi
Gateway berfungsi memudahkan pengguna memperoleh akses terhadap informasi, karena kedua komputer sudah saling terhubung dan siap untuk saling bertukar data atau informasi. Tanpa adanya Gateway, pertukaran data antara dua komputer yang berbeda protokol tidak akan dapat dimungkinkan.

3. Berbagi Perangkat Keras
Berbagi perangkat keras dalam hal ini misalnya untuk printer server. Apabila dalam sebuah jaringan kantor atau lainnya ada satu buah printer yang ingin dipakai secara bersamaan, maka penerapannya bisa memakai sistem gateway.

4. Pengamanan Serta Pengaturan Data
Dengan adanya gateway, untuk organisasi atau perusahaan atau lingkungan bisnis akan lebih mudah untuk mengintegrasi dan mengorganisasi data penting perusahaan. Dalam perusahaan atau organisasi pasti terdapat berbagai departemen yang bekerja terpisah-pisah. Kurang lebihnya seperti itulah gateway diperlukan untuk saling menghubungkan komputer, jadi setiap departemen bisa berbagi info dan data, serta khusus untuk orang yang berkepentingan saja. Dan biasanya ada satu admin yang bertugas mengontrol keamanan serta pengaturan data-data.

5. Menstabilkan dan Meningkatkan Performa Komputasi
Dengan adanya jaringan gateway, Apabila suatu saat ingin melakukan penambahan performa komputasi, maka tugas-tugas komputasi itu bisa dibagi-bagi dengan merata ke setiap komputer, menjadi lebih stabil dan performa juga meningkat.

Cara Kerja Gateway
Gateway bekerja seperti pintu untuk mencapai jaringan lain. Pada setiap gerbang biasanya memiliki 2 macam interface jaringan. Seperti saat sedang mengakses internet, sebuah alamat website bisa ditempuh jika sudah melewati gateway yang sudah memberikan arah dan rute untuk sebuah paket data bisa sampai ke tujuan. Apabila ada perumahan kecil yang letaknya di dalam satu kompleks perumahan yang lebih besar dan dikelilingi dengan jalan besar. Jika di ibaratkan dengan seperti ini, maka jalan besar itu merupakan jaringan besar ,yang mempunyai struktur berbeda dengan perumahan besar dan kecil.
Lalu, apabila penghuni di perumahan kecil ingin mencapai rumahnya, pasti diperlukan pintu gerbang perumahaan yang tentunya dibangun di dekat jalan besar. Jalan besar seringnya tidak langsung berbatasan dengan perumahan kecil, meskipun terhubung dengan perumahan besar. Jadi gateway sendiri adalah gerbang letaknya di pinggir jalan besar tersebut, dengan router adalah jalan menuju rumah di perumahan kecil.

Perbedaan Gateway dengan Router
Hingga saat ini, gateway sering di identik kan dengan router, padahal keduanya mempunyai perbedaan. Tapi jika ada orang yang mengatakan bahwa gateway sama dengan router itu tidaklah salah. Sebab gateway juga dapat disebut dengan router yang bertugas meneruskan lalu lintas suatu jaringan ke jaringan lain atau pun ke internet. Gateway disini sebagai perantara antara komputer di satu jaringan dan komputer lain di jaringan lainnya. Dan semua lalu lintas antar jaringan itu wajib melewati pintu gerbang atau gateway.

0 komentar:

Posting Komentar