Kamis, 26 Januari 2017

Pengertian Komputer


Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Hasil gambar untuk perangkat keras komputer

Saat ini komputer sangat berperan penting bagi seluruh kalangan. Perkantoran adalah salah satu tempat wajib yang memiliki komputer. Di sekolah pun sudah hampir semuanya memliki komputer karena menjadi salah satu mata pelajaran untuk saat ini. Bahkan di rumah pun sudah banyak yang memiliki komputer. Karena memang hampir semua kinerja kita menggunakan komputer. Baik untuk mengetik, mendesain, memprogram dll. 

Meskipun banyak yang sudah mengenal komputer dan menggunakannya, namun masih banyak juga yang belum mengetahui definisi atau pengertian dari alat canggih tersebut. Mari simak pembahasannya berikut ini.

Komputer dalam arti luas adalah seperangkat alat elektronik yang terhubung satu dengan lainnya yang saling bekerjasama dan terkoordinasi dibawah kontrol sebuah program dengan kemampuan dapat menerima data lalu mengolahnya sehingga dapat menghasilkan sebuah informasi.

Selain itu beberapa ahli mendefinisikan komputer dengan lebih spesifik, diantaranya :

1. Arif Susanto 

Susanto (2009) mengatakan bahwa apa yang disebut dengan komputer adalah sekelompok alat elektronik yang terdiri atas perintah input, alat yang mengolah input, dan peralatan output yang memberikan informasi serta bekerja secara otomatis.
Disebutkan pula bahwa komputer berasal dari bahasa Latin, yaitu Computare. Computare sendiri memiliki arti untuk menghitung. Pada awalnya, kata ini ditujukan bagi mereka yang memiliki pekerjaan untuk melakukan perhitungan aritmatika, baik secara manual maupun menggunakan alat bantu hitung.

2. Hamacher, Z.G. Vranesic, dan Z.G. Zaky

Mengatakan bahwa komputer didefinisikan sebagai sebuah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.

3. Robert H. Blissmer 

Blissmer (dalam Susanto, 2009) mengatakan bahwa komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahan, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

4. Williams Sawyer 

Komputer merupakan sebuah mesin multguna yang dapat dilakukan pemrograman, dan dapat deprogram, dimana mesin – mesin tersebut dapat meerima data berupa fakta dan gambar kasar, lalu kemudian memproses atau memanipulasi data tersebut menjadi sebuh informasi yang bisa digunakan oleh usernya.  

5. William M. Fuori

Komputer merupakan suatu alat pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia



0 komentar:

Posting Komentar