Selasa, 24 Januari 2017

Pengertian Jaringan Komputer


Dewasa ini berkembang pemahaman bahwa siapa yang menguasai informasi itulah yang akan memenangi persaingan. Untuk itu hampir disemua aspek pemanfaatan perangkat komputer dalam sebuah instansi/organisasi/perusahaan saat ini tidak hanya dimaksudkan untuk bekerja sendiri, namun diharapkan dapat saling bekerja sama baik dalam mengirim, menerima maupun mengolah data dalam rangka untuk mendapatkan informasi yang akurat dan tepat. Pengelolaan Informasi dengan komputer yang terhubung dengan komputer lain, baik dalam satu wilayah geografis maupun berbeda letak geografis dewasa ini sudah menjadi suatu keharusan, demi untuk meningkatkan efesiensi, daya saing, keakuratan, kecepatan operasional dalam organisasi perusahaan.

Pengertian Jaringan Komputer
  • Menurut Lia Kuswayatno 
Lia Kuswayatno menyatakan, jaringan komputer merupakan sekelompok komputer yang terdiri atas dua buah unit komputer atau lebih yang saling terhubung dan dapat saling menukar (sharing) dan bebragi program maupun data satu sama lain.
  • Menurut Madcoms
Madcoms menyatakan, jaringan komputer adalah kumpulan dari beberapa komputer dan peralatan penunjang lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan dan saling terkoneksi.
  • Menurut Wahana Komputer
Wahana Komputer menyatakan, pengertian jaringan komputer yaitu sekelompok komputer otonom yang saling dihubungkan satu dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media transmisi, sehingga dapat saling berbagi menggunakan sumber daya yang ada dan berkomunikasi.



 

0 komentar:

Posting Komentar