Jumat, 01 November 2019

Shared Hosting


fungsi shared hosting

Shared Hosting adalah enis layanan hosting dimana satu server hosting digunakan bersama-sama dengan pengguna lain atau dapat dikatakan satu server dipergunakan lebih dari satu akun hosting.

Bisa diibaratkan, misalnya ada sebuah bangunan rumah kos dan pemilik rumah kos tersebut menyewakan kamar-kamar yang ada didalam rumah kos tersebut. kemudaian anda menyewa salah satu kamar di rumah tersebut. Rumah kos tersebut dinamakan server dan server digunakan bersama-sama oleh setiap orang yang menyewa kamar dirumah kos tersebut.

Secara singkat dapat dijelaskan bahwa definisi Shared Hosting adalah sebuah server yang digunakan untuk meletakan beberapa website. Server ini adalah sebuah komputer yang memiliki akses dan dapat diakses secara terus menerus di internet dan memiliki IP Address yang statis.

Fungsi server adalah menyediakan layanan dalam suatu jaringan. Karena ini server ini merupakan web server, maka fungsinya untuk memberikan layanan di jaringan internet.

Didalam server ini kemungkinan dapat diinstal bebrapa aplikasi lain seperti layanan database (MySQL atau SQL server) layanan email ataupun layanan statistik.

PILIHAN SHARED HOSTING

Penggunaan layanan shared hosting akan menghemat biaya dan tidak membutuhkan sumber daya yang besar. Tetapi jika sudah berkembang menjadi besar sebaiknya mengunakan layanan corporate hosting atau / VPS hosting agar mendapatkan layanan sumber daya yang lebih besar.

Shared Hosting memiliki dua pilihan, yaitu :
1. Shared Limited, yaitu paket hosting yang memiliki batasan ruang harddisk dan sumber bandwidth.
2. Share Unlimited, yaitu paket hosting yang memiliki batasan ruang harddisk dan tidak membatasi bandwidth.

KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN SHARED HOSTING
  1. Harga terjangkau
  2. Administrasi dan pemeliharaan server diambil oleh penyedia jasa layanan hosting.
  3. Cocok untuk blog, website pribadi, atau website bisnis sekala kecil dengan jumlah kunjungan yang tidak terlalu banyak perbulannya.
  4. Tidak perlu pengetahuan pengelolaan server
  5. Memiliki akses ke control panel 
 
 KEKURANGAN MENGGUNAKAN SHARED HOSTING
  1. Smber daya terbatas
  2. Akses terbatas ke server
  3. Kemungkinan terjadinya crash karena beban yang terlalu berat
  4. Kurangnya faktor keamanan
  5. batasan penggunaan software lain
 
 

0 komentar:

Posting Komentar