Sabtu, 06 April 2019

Cara Cek Kesehatan Harddisk

CARA SEDERHANA CEK KESEHATAN HARDDISK

Hasil gambar untuk harddisk

Konon, SSD (Solid State Drive) yang sedang populer akhir-akhir ini memiliki masa pakai yang lebih singkat dibandingkan HDD. Banyak yang mengungkapkan pendapat bahwa umur SSD kemungkinan besar hanya sekitar 2-3 tahun paling lama. Beda dengan HDD yang mampu bertahan hingga lebih lima tahun. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk secara berkala memeriksa kesehatan HDD atau SSD yang kita gunakan. Bagaimana caranya? Ada banyak cara melakukannya, namun saya di sini akan membahas dua cara yang bisa kamu pilih.

Apa pun versi Windows yang kamu gunakan, ada alat diagnostik yang dapat dimanfaatkan untuk memeriksa kesehatan perangkat keras storage. Buka Windows Explorer, lalu klik kanan pada HDD atau SSD yang ingin kamu periksa dan pilih Properties. Jika sekedar ingin tahu kondisi singkat HDD atau SSD kamu, pilih tab Hardware.
Kamu akan melihat keterangan This device is working properly yang menunjukkan bahwa perangkat kamu baik-baik saja. Tapi jika ingin melihat apakah ada error tertentu di perangkat keras kamu, klik tab Tools.
Dengan menekan tombol Check, maka kamu dapat memeriksa apakah ada error di HDD atau SSD milikmu.

0 komentar:

Posting Komentar