Jumat, 27 Maret 2020

7 Model OSI

7 Layer Model OSI


Model OSI ( Open System Interconnection ) merupakan salah satu konsep dasar dalam networking yang memungkinkan pengguna untuk memahami arsitektur jaringan dan bagaimana data dilewatkan dalam jaringan. Ini adalah model kerangka standar untuk semua sekema terkait jaringan dan fungsinya. Model OSI terdiri dari 7 lapisan yang membantu menciptakan model visual dari sebuah jaringan dan protokolnya. Untuk memecahkan masalah jaringan, pertama-tama kita harus mengidentifikasi masalah dan melacaknya secara sistematis. Mengatasi masalah jaringan dengan menggunakan lapisan model OSI mengharuskan kita untuk mengetahui dan memahami fungsinya masing-masing. Lapisan bawah model OSI adalah tempat sebagian besar masalah terjadi. Mulai dari bawah keatas.

Model OSI terdiri dari 7 lapisan sebagai berikut :

1. Lapisan Fisik

Lapisan fisik adalah lapisan pertama dalam model OSI. ini berhubungan dengan dengan segala hal yang menyediakan konektivitas fisik dalam jaringan, seperti kabel Ethernet, kabel serat, kabel telepon, dan jack dingding. Lapisan fisik bertanggungjawab untuk mengirim bit dari satu komputer ke komputer lainnya. Pada layer ini data ditranmisikan dalam bentuk bit dan dipresentasikan sebagai 0 atau 1.
Fungsi penting lainnya dari lapisan ini termasuk mengatur mode tranmisi, sinkronisasi, dan konfigurasi jalur. HUB dan Repeater biasanya digunakan dilapisan ini untuk mentransfer informasi secara fisik.

2. Lapisan Data Link

Lapisan Data Link bertanggung jawab atas pengiriman data node to node yang andal. Lapisan ini membentuk frame dari bit data dan memainkan peran penting dalam deteksi kesalahan dan koreksi. Lapisan data-link yang menyinkronkan informasi yang harus dikirim melalui data. Fungsi lain dari lapisan ini adalah pembingkaian data, pengalamatan fisik, kontrol aliran dan kontrol akses.
Lapisan data link dibagi menjadi 2 sub layer, yaitu Logical Link Control (LLC) dan Lapisan Media Access Control (MAC).
Lapisan mac menyediakan alamat fisik untuk tranmisi data, dan lapisan LLC memberikan kontrol aliran. Saklar dan kartu antarmuka jaringan (NIC) adalah komponen jaringan yang umum digunakan dilapisan ini.

3. Lapisan Network/Jaringan

Lapisan jaringan mendefinisikan rute untuk mengirimkan paket data dari sumber ketujuan dibeberapa jaringan. Syarat seperti routing dan pengalamatan IP berasal dari lapisan model OSI ini. Lapisan jaringan mendukung layanan connectionless dan connection-oriented dari semua lapisan yang lebih tinggi. Fungsi utama lapisan ini untuk menangani pengalamatan, perakitan dan pembongkaran paket data, penanganan kesalahan dan kontrol kemacetan. Router dan gateway adalah piranti jaringan yang paling umum digunakan dilapisa jaringan.

4. Lapisan Transport

Lapisan Transport bertanggung jawab untuk pengiriman data yang dapat diandalkan dari satu ujung ke ujung yang lain. Ini memastikan bahwa penerima menerima keseluruhan data secara utuh. Lapisan transport memiliki bebrapa protokol untuk memaastikan transper data yang andal. TCP dan UDP adalah dua protokol yang paling banyak digunakan. Firewal adalah piranti jaringan yang umum digunakan dilapisan transport.

5. Lapisan Sesi

Lapisan sesi menetapkan, mengelola dan mensinkronisasi semua interaksi antara sistem komunikasi. ini mengelola dan menyinkronkan keseluruhan percakapan antara dua aplikasi yang berbeda dalam sistem jaringan. Bahkan transfer data dari satu lapisan ke lapisan lainnya disinkronkan dilapisan sesi.


6. Lapisan Presentasi

Lapisan presentasi memastikan bahwa data yang sampai pada ujung penerima ada dalam format yang mudah dimengerti dan dapat digunakan. Lapisan presentasi menangani struktur, sintaks dan semantik informasi yang dipertukarkan antara dua sistem konunikasi dalam jaringan. Penerjemahaan data yang ditukar dalam jaringan, enkripsi dan kesan merupakan fungsi penting lainnya dari lapisan ini.

7. Lapisan Aplikasi

Lapisan aplikasi ada dibagian atas model piramid OSI. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memanipulasi data dengan berbagai cara untuk mendapatkan akses ke jaringan. Email, protokol transper file, sumber jaringan dan layanan direktori root adalah beberapa layanan yang disediakan oleh lapisan ini.


sumber : Buku ASJ 

0 komentar:

Posting Komentar